.

Dapatkan info terbaru via Facebook. Silahkan klik LIKE / SUKA.

Powered By Blogger Widgets and Blogger Tutorials

Kamis, 06 September 2012

EVALUASI DIRI SEKOLAH/MADRASAH


       Evaluasi Diri Madrasah merupakan salah satu langkah awal dalam peningkatan mutu madrasah. Dengan melakukan evaluasi diri dapat diperoleh dan dipahami bersama oleh segenap warga madrasah, segala kelebihan dan kelemahan didalam institusinya. Sehingga langkah-langkah dalam perencanaan perbaikan, pengembangan dan peningkatan mutu madrasah dapat dilakukan dengan tepat. Kegiatan evaluasi diri madrasah hendaknya dilakukan secara kontinu sebagai bagian dari budaya peningkatan mutu madrasah secara menyeluruh dan berkelanjutan.
Penjaminan mutu pendidikan formal, nonformal, dan informal sebagaimana tersurat dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 63 Tahun 2009 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan, merupakan kegiatan yang sistemik dan terpadu pada penyelenggaraan pendidikan untuk meningkatkan tingkat kecerdasan kehidupan bangsa. Kegiatan yang sistemik dan terpadu tersebut dilakukan oleh satuan/program pendidikan, penyelenggara satuan/program pendidikan, pemerintah daerah, Pemerintah, dan masyarakat serta melibatkan dunia usaha.
Untuk mencapai tujuan tersebut maka para kepala madrasah/madrasah khususnya dan pemangku kepentingan pendidikan pada umumnya, mutlak perlu mengetahui secara benar konsep, maksud dan tujuan serta mampu melaksanakan Evaluasi Diri Madrasah (EDS) di madrasahnya. Dengan melaksanakan EDS/M ini maka kepala sekolah/madrasah akan lebih dapat melaksanakan kompetensi manajerialnya secara menyeluruh dan bermakna yang akan membantu peningkatan kinerja madrasah – khususnya dalam melihat sejauh manakah sekolah/madrasah telah mencapai Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Standar Nasional Pendidikan (SNP), serta kekuatan dan kelemahannya. Sehingga madrasah dapat menyusun Rencana Pengembangan Madrasah (RPM) atau Rencana Kegiatan Madrasah (RKM) berdasarkan keadaan dan kebutuhan yang riel.
Standar Nasional Pendidikan (SNP) sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan peraturan perundangan lain yang relevan yaitu kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. SNP dipenuhi oleh satuan/program pendidikan dan penyelenggara satuan/program pendidikan secara sistematis dan bertahap dalam kerangka jangka menengah yang ditetapkan dalam rencana strategis satuan/program pendidikan.
Terdapat delapan SNP yaitu: (1) Standar Isi, (2) Standar Kompetensi Lulusan, (3) Standar Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, (4) Standar Proses, (5) Standar Pengelolaan, (6) Standar Sarana Prasarana, (7) Standar Pembiayaan, dan (8) Standar Penilaian.
Evaluasi diri dilaksanakan dengan cara mengumpulkan data tentang kondisi madrasah yang nyata dengan mengacu untuk dijadikan dasar penyusunan program menuju tercapainya kondisi lembaga yang sesuai dengan standar pendidikan nasional. Data yang diperoleh dari evaluasi diri hendaknya diperoleh dari semua pihak, baik data kualitatif maupun kuantitatif sehingga diperoleh informasi yang  komprehensif. Beberapa halyang patut diperhatikan dalam melakukan EDM.
1.    Evaluasi diri bersifat internal – dilakukan oleh para pemangku kepentingan pada satuan pendidikan, bukan dilaksanakan oleh orang lain.
2.    Akan mengevaluasi seluruh kinerja sekolah yang akan meliputi aspek-aspek manajerial dan akademis.
3.    Mengacu pada SPM dan 8 SNP yang hasilnya akan membantu program nasional dalam upaya penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan secara umum.
4.    Untuk kepentingan sekolah itu sendiri, bukan untuk perbandingan dengan sekolah sekolah lain atau untuk akreditasi sekolah.
5.    Hasil EDM sebagai bahan masukan dan dasar dalam penulisan RPM/RKM maupun RAPBM/RAKM.
6.    Dilaksanakan minimal setahun sekali oleh semua stakeholder pendidikan di sekolah, yang dipimpin oleh kepala sekolah/madrasah dengan bimbingan dan pengawasan Pengawas sekolah.

Silahkan klik tautan dibawah untuk mendapatkan file yang dibutuhkan.
Pedoman Pemenuhan SNP
Analisis Profil
Laporan EDS/
Bahan ajar evaluasi diri sekolah  download di sini
Panduan teknis evaluasi diri sekolah download di sini
Instrumen  evaluasi diri sekolah download di sini
Laporan evaluasi diri sekolah download di sini

Tidak ada komentar:

 
Design by KKG brilliant | Creatif by Yulians | 2012